BAHAN AJAR


METODE PENELITIAN


Tujuan : menciptakan ilmu pengetahuan baru atau menerapkan teknologi untuk memecahkan suatu masalah
Menggunakan pendekatan ilmiah atau metode ilmiah

Metodologi : langkah langkah/tahapan perencanaan dengan bantuan beberapa metode, teknik, alat (tools) dan dokumentasi dengan tujuan untuk membantu peneliti dalam meminimalkan resiko kegagalan dan menekankan pada proses/sasaran penelitian di bidang CS/IS/IT

Area Bidang Teknik Informatika
Pada dasarnya fokus bidang ilmu komputer mengalami pergeseran dari berbagai bidang ilmu yang antara lain electrical engineering, computer engineering, computer software engineering, computer science, information system dan information technology.

Area Teori
Merupakan pendekatan yang berlandaskan pada ilmu matematika.Untuk mendapatkan suatu teori yang valid perlu dilalui proses-proses pendefinisian (definition), pembuatan teorema (theorema),pembuktian (proof), penginterpretasian hasil (interpret result). 

Area Abstraksi/Permodelan  

Merupakan pendekatan yang berlandaskan pada metode perancangan atau eksperimen.  

Dalam melakukan investigasi terhadap suatu fenomena hingga dihasilkan suatu model, formula, prediksi, metode, atau prototipe perlu dilalui proses-proses pembentukan hipotesis, kerangka teoritis, atau model teoritis; pembuatan suatu model, formula, prediksi, metode, atau prototipe; perancangan eksperimen; pengujian dan pengumpulan data; analisis hasil.

Area Produk/Sistem
Merupakan pendekatan penelitian guna menghasilkan suatu produk, sistem, tools, atau device baik hardware maupun software.
Tahapan yang perlu dilakukan guna upaya pengatasan masalah meliputi perencanaan, perancangan, pembangunan, pengujian, penerapan, dan evaluasi.

Metodologi Penelitian Teknik Informatika
Kualitas penelitian akan tampak dari kontribusinya terhadap pemecahan persoalan yang dihadapi masyarakat dan bagi pengembangan IPTEK.Dua jenis penelitian teknik informatika :Rekayasa  model, formula, algoritma, struktur, arsitektur, produk, maupun sistem yang telah terujiNon-rekayasa  teori dan keputusan yang telah teruji pula secara empiris
Penelitian RekayasaForward Engineering: rekayasa yang dilakukan dari  perencanaan,   perancangan, pembangunan, hingga penerapan, atau pada tahapan-tahapan pendek rekayasa, misal dari perancangan ke pembangunan saja.
Untuk Lebih Jelasnya mari kita bahas satu persatu

  1. Konsep Dasar Penelitian
  2. Pendefinisian dan Perumusan Masalah
  3. Studi Pendahuluan
  4. Perumusan Hipotesis
  5. Desain Penelitian





Share:

Recent Posts